Hanya Promotor dan Organizer yang Berhak Menolak Pendaftaran Sebelum Scrutineering - Kopi Hangat Editor - Racing 4 Autonews | 4W Motorsport News

Hanya Promotor dan Organizer yang Berhak Menolak Pendaftaran Sebelum Scrutineering

March 13, 2014 | Admin

RACING4.NET - Opini Editor - Hanya Promotor dan Organizer yang Berhak Menolak Pendaftaran Sebelum Scrutineering - 13 Maret 2014 - Begitulah terjemahan dari salah satu pasal penting dalam Peraturan Lomba Motorsport Nasional yang diterapkan hingga gelaran-gelaran di daerah yang bersifat club event yang menyebutkan "PANITIA PENYELENGGARA BERHAK MENOLAK SUATU PENDAFTARAN".....biasanya ditambah juga dengan kalimat "Tanpa Harus Disertai Alasannya..."

Terkesan sangat Subjektif sekali. Memang benar adanya. Privacy Penyelenggaraan Event yang dihelat oleh Panitia penyelenggara memang dilindungi kenyamanannya secara peraturan. Sudah dari sana-nya begitulah peraturannya. Hanya Panitia Penyelenggara-lah yang memiliki hak tersebut, karena mereka lah yang menyiapkan semua perangkat dan materi hingga outsource pelengkap lomba.

Persepsi dan penafsiran kewenangan panitia di atas menjadikan panitia penyelenggara memiliki kewenangan penuh untuk menerima dan mengelola pendaftaran serta membuat entry list nya untuk diserahkan ke Pengawas Lomba yang ditugaskan oleh IMI dan Racing Committte yang ditunjuk oleh panitia penyelenggara.

Namun kinerja panitia penyelenggara juga diawasi oleh PENGAWAS LOMBA untuk dipastikan kesiapannya dan untuk kenyamanan stakeholder lomba secara keseluruhan. Pengawas Lomba diutus oleh PP IMI untuk Kejurnas dan oleh Pengprov IMI untuk Kejurda atau CLUB EVENT. Pengawas Lomba akan melakukan crosscek pertama kali saat dimulainya RAPAT PENGAWAS pertama kali di hari yang sama dengan sesi Scrutineering.

Berbicara tentang pimpinan lomba, di beberapa seminar ujian lisensi pengawas dan pimpinan lomba yang digelar oleh IMI ditekankan beberapa kewenangan krusial bagi pengawas dan Pimpinan Lomba. Semua dijelaskan dengan lugas agar tidak terjadi overlaping kewenangan saat memulai lomba hingga dikeluarkannya hasil lomba. Dan jika dikaitkan dengan kewenangan OC alias panitia penyelenggara yang berhak menolak suatu pendaftaran, maka Pimpinan Lomba pun berhak LANGSUNG MENOLAK START SEORANG PEBALAP untuk yang dikarenakan Hal Safety yang tidak Layak dan dinyatakan tidak lolos scrutineeringnya kendaraan Pebalap. Hal ini pun setelah dilakukan harus memberikan kesempatan dalam beberapa saat kepada pebalap dan team nya untuk sanggup memperbaiki dengan waktu yang ditentukan oleh pimpinan lomba.

Pimpinan Lomba jelas diawasi oleh Pengawas Lomba sebagai INSTITUSI TERTINGGI dalam suatu lomba. Pengawas Lomba adalah eksekutor sanksi jika ada pelanggaran yang dilakukan OC apalagi RC....apalagi Pebalap atas laporan Pimpinan Lomba. Sekali lagi....bagi para pebalap kelayakan safety adalah penting bagi dirinya dan kendaraannya, karena jika tidak layak maka Pimpinan Lomba akan melarangnya untuk melakukan Start.

Selamat bertugas kepada semua panitia OC bagian pendaftaran. Selalu koordinasi dengan IMI ya...

Kira-kira begitu...redaksi beropini sambil menikmati kopi hangat pagi hari....Semoga cocok dan ada atensi. Jika tidak cocok jangan dimasukkan ke dalam hati. Keep Sportif sendiri-sendiri....sip...sip...sip...

Sumber : Baca-baca buku peraturan lomba-nya PP IMI 5 tahun terakhir saja...terjemahan ada di bab-kuning...