M Yassin Kosasih : Saat New-Normal dan Bukan Zona Merah, Event Motorsport Harusnya Sudah Bisa Digelar - Pelaku Balapan - Racing 4 Autonews | 4W Motorsport News

M Yassin Kosasih : Saat New-Normal dan Bukan Zona Merah, Event Motorsport Harusnya Sudah Bisa Digelar

May 31, 2020 | Editor Sport

RACING4.NET - 31 Mei 2020 - Jakarta - Perally nasional jawara 4WD kelas M2 M Yassin Kossasih yang juga sosok aktif berdinas sebagai Dirpolair Baharkam Polri, memberikan pandangan dan masukannya kepada IMI serta calon penyelenggara dan komunitas event motorsport roda 4 nasional menanggapi rancangan protocol standar di masa pandemi covid-19 yang akan diterbitkan IMI Pusat.

Pria yang baru saja naik pangkat menjadi Brigjen Polisi, sosok asli Sunda dan enerjik namun beringas di special stage sprint rally ini memberi pandangan bernuansa semangat bersama akan suatu penyelenggaraan event di masa pandemi saat ini.

"Bisa dipahami jika banyak promotor menjadi sangat hati-hati jika akan menggelar event pada saat sulit seperti ini.  Apabila lndonesia memasuki tahap New Normal, maka kegiatan otomotif sebenarnya akan sangat terbuka kembali untuk digelar", ucap pria ramah alumnus SMAN 5 Bandung era 80-an ini.


BACA JUGA  : M YASSIN KOSASIH DILANTIK JADI BRIGJEN POLISI DIRPOLAIR POLRI


Secara normatif disesuaikan dengan kondisi saat ini,  Yassin Kosasih sepakat semua pihak harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan detail dan sesuai juga dengan arahan pemerintah.  Namun bukan berarti menyurutkan semangat semua pegiat motorsport juga.  Semua pihak harus optimis semua bisa dilakukan asal memperhatikan aturan dan protocol-nya.

"Secara izin penyelenggaraan dan rekomendasi tentunya dilakukan dengan normal sesuai protokolnya nanti.  IMI daerah agar buat rekomendasi ke IMI Pusat,  IMI Pusat harus melihat penyebaran covid-19 pada daerah yang mengusulkan dengan catatan bukan zona merah. Setelah IMI Pusat menyetujui maka setiap pembalap dan mekanik yang datang ke sircuit harus membawa keterangan surat sehat.  Seluruh pembalap dan mekanik wajib melaksanakan protokol kesehatan (social distancing dan physical distancing). Di sekitar paddock panitia diharapkan menyiapkan beberapa kran air dan sabun untuk cuci tangan dan selama kegiatan di padock wajib menggunakan masker...",  jelas Yassin diujung perbincangan.

Mohammad Yassin Kosasih kini adalah satu-satunya jenderal polisi yang masih aktif dan tetap akan melanjutkan hobby bejek gas di ajang rally nasional bareng putera sulungnya yang juga co-driver nasional M Haryasandi. Tetap sehat selalu, Kang...


Note  :

Apabila ada penyelenggara mau buat event, wajib membuat surat ijin/rekomendasi ke :

 1. Gugus tugas covid 19 (penting karena untuk mengetahui penyebaran korona di suatu tempat apakah masuk ke zona merah atau tidak)
 2. Pemerintah daerah (gubernur, bupati, walikota), penting karena pembalap yang akan datang dari seluruh lndonesia
 3. Polda/polres setempat memberikan ijin setelah ada rekomendasi dari gugus covid 19 dan kepala daerah dengan pertimbangan bahwa daerah tsb aman dari penyebaran korona