Upaya Berantas Balap Liar, IMI JABAR Bawa Pelaku Jadi Terdakwa di Pengadilan - Action Exist - Racing 4 Autonews | 4W Motorsport News

Upaya Berantas Balap Liar, IMI JABAR Bawa Pelaku Jadi Terdakwa di Pengadilan

April 18, 2018 | Editor Sport

RACING4.NET - 18 April 2018 - IMI Jabar - Bandung - EDITORIAL - Pengprov IMI Jabar di tahun 2018 ini mulai mewujudkan penegakan aturan dan regulasi secara tegas dan legal.  Ini berlaku di semua sektor organisasi termasuk yang paling krusial adalah di bidang OLAH RAGA baik Roda 4 maupun Roda 2.


Penyelenggaraan di bawah standar RACE SAFETY dan diikuti dengan TIDAK ADANYA SURAT REKOMENDASI OLAH RAGA IMI JABAR alias BALAP LIAR DILUAR KETENTUAN PLATFORM IMI menjadi sorotan yang begitu lama dalam beberapa periode IMI Jabar ke belakang. 


Walau dengan langkah persuasif yang telah dilakukan di semua periode kepengurusan kepada oknum-oknum yang boleh dibilang bisa dihitung jari sesuai kesaksian media-media, namun nyali dan penegakan hukum tengah dilakukan oleh IMI Jabar saat ini menyangkut penegakan hukum balap liar di cabang olah raga roda 2 Grasstrack alias GTX.  Langkah nyata Pengprov IMI Jabar saat ini sekaligus penegakan pembinaan dan perlindungan bagi Atlit-Atlit resmi ber-KIS Jawa Barat demi kebaikan semua pihak yang kompeten dan menggusur semua pihak yang tidak kompeten. 


Motorsport memang bisa menyenangkan dan menguntungkan bagi sementara pihak yang mengesampingkan kompetensi.  Tahu artinya Kompetensi? Bener? Baca kamus bahasa Indonesia terkini dan terupdate, atau googling saja.  Pelanggaran terhadap kompetensi dengan resiko tinggi punya impact pidana bagi pelakunya.


Tidak terlalu istimewa memang jika saat ini tengah dilakukan peradilan di Pengadilan Negeri Sumedang bagi pelaku Balap Liar Grasstrack yang kini jadi Terdakwa berinitial HFD alias DENOK. Disinyalir berkali-kali menggelar balap tanpa rekomendasi IMI Jabar. Kali ini aparat hukum atas aduan IMI Jabar pun sepakat mempidanakannya.  Tidak ada yang tidak bisa.  Persoalan ke depan adalah bagaimana hukum menindaklanjuti pelanggaran ini, tetapi di sisi lain bahwa terbukti upaya penegakan hukum telah dilakukan Fachrul Sarman dkk dan Polda Jabar mewakili azas hukum yang diemban IMI dan aturan yang berlaku.


"Hadir dalam sidang adalah si Terdakwa yang dimaksud dan dari IMI Jabar diwakili Ikbar Tupong bidang advokasi hukum.  Semoga peristiwa yang tidak baik bagi pelaku ini menjadi pelajaran bersama bagi komunitas dan klub otomotif di Jawa Barat. Berpeganglah kepada regulasi dan tata cara yang benar.  Semua periode IMI Jabar pasti berharap tidak akan terjadi seperti ini di masa lalu dan masa yang akan datang.  Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari sifat dengki dan keburukan.  Mari kita on the track untuk kebaikan semua pihak", tegas Fachrul Sarman selaku Ketua IMI Jabar di pagi hari 18/04